Minggu, 19 Mei 2013

Makalah tentang Plankton (Fitoplankton dan Zooplankton)

Makalah tentang Plankton (Fitoplankton dan Zooplankton)



PENDAHULUAN

       Plankton adalah organisme mikroskopis yang hidup melayang atau mengapung dalam kloam air dengan kemampuan gerak yang terbatas. Plankton terbagi atas dua kelompok yaitu fitoplankton (plankton nabati) dan zooplankton (plankton hewani) merupakan komponen utama dalam rantai makanan ekosistem perairan. Fitoplankton berperans ebagai produsen primer dan zooplankton sebagai konsumen pertama yang menghubungkan dengan biota pada tingkat trofik yang lebih tinggi.
       Oleh karena itu, mengingat betapa pentingnya plankton dalam rantai makanan ekosistem perairan, maka diperlukan penelitian mengenai sebaran plankton. Minimal dapat memahami beberapa hal tentang plankton seperti kronologis fitoplankton, jenis-jenis fitoplankton, taksonomi dari fitoplankton tersebut, ciri-ciri dan morfologinya, habitat, serta manfaat fitoplankton untuk linkungan perairan atau sebagai pangan dll.



TINJAUAN PUSTAKA

1.    HISTORIS FITOPLANKTON
Fitoplankton adalah komponen autotrophic dari masyarakat plankton. Nama berasal dari bahasa Yunani kata (phyton), yang berarti "tanaman", dan (planktos), yang berarti "pengembara" atau "gelandangan"
Fitoplankton sebagai tumbuhan yang mengandung pigmen klorofil mampu melaksanakan reaksi fotosintesis diimana air dan karbondioksida dengan adanya sinar surya dan garam-garam hara dapat menghasilkan senyawa organik seperti karbohidrat. Fitoplankton memberi kontribusi yang besar terhadap produktivitas primer di lautan. Banyak proses biotik dan abiotik mempengaruhi variabilitas keanekaragaman fitoplankton di perairan. Intensitas dan frekuensi proses-proses ini dapat menyebabkan dinamika tidak merata (non-equilibrum) dan meningkatkan keanekaragaman jenis.
Biota yang mengapung mencangkup sejumlah besar biota di laut, baik ditinjau dari jumlah jenisnya maupun kepadatannya. Produsen primer (fitoplankton) hidup terbatas di lapisan perairan laut beberapa ratus meter dari permukaan laut.  Meskipun fitoplankton membentuk sejumlah besar biomassa di laut, kelompok ini hanya diwakili oleh beberapa filum saja. Sebagian besar bersel satu dan mikroskopik atau makroskopik, seperti Chrysophyta (ganggang kuning-hijau/emas), Cyanophyta ( ganggang biru), Chlorophyta (ganggang hijau) ,Phaeophyta (ganggang coklat), serta Pyrophyta (sebangsa dinoflagelata).

2.      DIVISI CYANOPHYTA
Cyanophyta merupakan suatu divisi (filum) bakteri yang mendapatkan energi melalui fotosintesis. Cyanophyta termasuk dalam regnum (kerajaan) monera. Ganggang hijau- biru merupakan salah satu contoh dari kelas Cyanophyceae. Ganggang hijau – biru memiliki klorofil yang berbeda dari klorofil bakteri yang dapat berfotosintesis, dan diketahui bahwa oksigen dibebaskan oleh ganggang hijau – biru pada saat fotosintesis tetapi tidak terjadi pada bakteri. Ganggang hijau – biru memiliki afinitas mirip bakteri sehingga disebut juga Cyanobacteria karena organisasi seluler dan biokimianya. Ganggang hijau – biru dari tahun ketahun semakin menarik dalamBiogeologi Nannofosil dari ganggang ini ditemukan pada lapisan stromatolite yang diperkirakan berusia 3 miliar tahun yang lalu (Golubic,1976;Taylor,1981) Ganggang hijau – biru merupakan organisme yang responsible terhadap akumulasi oksigen di bumi. Asal dari ganggang hijau – biru tidak jelas ( Harold(Bold and Michael J. Wynne, 1985 ). Ganggang hijau – biru bersifat prokariotik, struktur selnya sama dengan struktur sel bakteri sehingga termasuk ke dalam monera. Adapun ciri – ciri umum dari ganggang hijau – biru adalah sebagai berikut :
a.       Bersel tunggal ( Uniseluler ), ada pula yang berkoloni
b.      Memiliki klorofil, karotenoid serta pigmen fikobilin yang terdiri dari
fikosianin dan fikoeritrin
c.       Inti sel tidak memiliki membran ( prokariotik )
d.      Dinding sel mengandung peptida, hemiselulosa dan selulose,kadang – kadang berlendir

maaf, makalah tentang Makalah tentang Plankton (Fitoplankton dan Zooplankton) trsebut masih belum lengkap, soalnya saya masih banyak tugas yang harus diseesaikan, 
semoga makalah tentang Makalah tentang Plankton (Fitoplankton dan Zooplankton) bermanfaat
amiin..


0 komentare rika:

Poskan Komentar

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Premium Blogger | Karya Harry-Vht - Premium Blogger Themes | coupon codes