Thursday, May 23, 2013

Macam-macam definisi ikan dan kategori ikan

Macam-macam definisi ikan dan kategori ikan

Definisi Ikan

       Secara sempit, ikan ialah semua jenis hewan yang termasuk dalam klas Pisces. Kelompok ini sering disebut dengan istilah Ikan Bersirip atau Finfish. Data FishBase sampai tahun 2004 melaporkan 4.161 jenis atau spesies ikan yang dilaporkan telah ditemukan di wilayah perairan Indonesia. Dari jumlah tersebut, 3.240 jenis ialah ikan Laut. Walaupun masuk dalam kategori ikan laut, beberapa diantara spesies tersebut ada yang melakukan pergerakan ke badan sungai melalui muara, bahkan sampai menempuh jarak ratusan km k arah sungai. Ikan Gulamah, Nibea squamosa (Sasaki, 1992), tercatat ditemukan di daerah Irian Jaya Papua, mampu bermigrasi jauh ke sungai. Habitat aslinya ialah pantai dengan substrat dasar berlumpur atau pasir. Berdasarakan ketentuan perikanan (Undang Undang No. 31 tahun 2004), ikan didefinisikan sebagai semua jenis organisme yang seluruh atau sebagian dari siklus hidupnya berada di dalam lingkungan perairan. Rumput laut, Eucheuma cottonii (Webber-van Bosse, 1913) dengan demikian, secara hukum bisa disebut ikan, atau, ialah komoditas perikanan. Secara ilmiah, definisi ini tentu saja tidak bisa diterima, dan bisa merubah sistem nomenklatur yang selama ini sudah disepakati secara global. Namun untuk kepentingan mengenal produk atau komoditas perikanan, kita akan menggunakan istilah ini. Pada sisi lain, kita juga tetap menggunakan pedoman dasar secara ilmiah bahwa ikan ialah semua hewan yang termasuk dalam klas Pisces.

 Kategori Ikan

Berdasarkan ketentuan statistik yang dikeluarkan Pemerintah, klasifikasi jenis hasil tangkapan dari perikanan laut dibedakan menurut kategori berikut:
 Ikan Bersirip (45 kategori)
 Binatang Berkulit Keras (8 kategori)
 Binatang Berkulit Lunak (8 kategori)
 Binatang Air lain (4 kategori)
 Tanaman Air (1 kategori)

Masing-masing kategori diberikan penjelasan secara morfologis dengan karakteristik habitat tempat hidupnya, seperti: kelompok ikan Pelagis - Demersal, Oseanik – Neritik, substrat keras – lunak, Terumbu Karang, Bakau, Lamun. Sebagai contoh: ikan Tuna termasuk dalam jenis ikan Pelagis Oseanik, sedangkan ikan kerapu termasuk kategori Demersal yang terkait dengan habitat Terumbu Karang.
Macam-macam definisi ikan dan kategori ikan
Macam-macam definisi ikan dan kategori ikan

No comments:

Post a Comment

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN