Pengertian Periklanan
dan pentingnya periklanan
·
Perikalan
merupakan bagian dari strategi promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan
perikanan guna mengenalkan dan mempengaruhi pelanggan potensial agar hasil
produksinya laku dijual.
·
Menurut menurut
Darmadi Durianto (2003) periklanan merupakan suatu proses komunikasi yang
bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang
menguntungkan bagi pihak pembuat iklan. Sedangkan menurut Caples, Jhon, (1997) menyatakan bahwa
periklanan adalah segala bentuk penyajian non personal, promosi dan ide,
barang ataupun jasa oleh sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
· Iklan
merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen dalam rangka meyakinkan
mereka atas manfaat produk yang dijual. Dengan demikian, iklan merupakan
salah satu sarana untuk mempengaruhi konsumen secara masal yang cukup
efektif. Namun demikian, iklan merupakan sumber pemborosan dana jika kegiatan
periklanan tidak dikelola dengan baik.
· Hasil
dari kegiatan periklanan kurang dapat diukur dalam waktu yang sangat pendek.
Karena pengiklanan merupakan kegiatan mempengaruhi dan menbujuk konsumen
dalam mengkonsumsi produk yang dijual, maka memerlukan waktu yang cukup
panjang untuk dapat meyakinkan dan menggiring konsumen agar mau mengkonsumsi
produk yang dijual secara permanen.
·
Dengan
demikian, dalam jangka pendek ada kecenderungan periklanan merupakan salah
satu sumber pemborosan dana, terutama untuk mempromosikan produk baru. Oleh
karena itu, jika diputuskan untuk mempergunakan periklanan sebagai salah satu
sarana promosi, maka kegiatan periklanan harus disusun secara matang secara
terintegrasi dengan rencana kerja jangka panjang peprusahaan secara keseluruhan
(Siswanto Sutojo, 1986).
·
Periklanan
merupakan satu dari empat alat penting yang digunakan oleh perusahaan untuk
memperlancar komunikasi persuasif terhadap pembelian dan masyarakat yang
ditargetkan. AMA (American Marketing Association) mendefinisikan iklan adalah
sebagai semua bentuk bayaran untuk mengimplementasikan dan mempromosikan ide,
barang atau jasa secara non personal oleh sponsor yang jelas. Sedangkan
menurut Fandy Tjiptono (1997) periklanan adalah seluruh proses yang
meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan iklan.
sekian materi tentang Pengertian Periklanan dan pentingnya periklanan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua
sumber: lihat disini
|
No comments:
Post a Comment
BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN