Tuesday, June 10, 2014

Pengertian Periklanan dan pentingnya periklanan

Pengertian Periklanan dan pentingnya periklanan




·      Perikalan merupakan bagian dari strategi promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan perikanan guna mengenalkan dan mempengaruhi pelanggan potensial agar hasil produksinya laku dijual.
·      Menurut menurut Darmadi Durianto (2003) periklanan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan. Sedangkan menurut  Caples, Jhon, (1997) menyatakan bahwa periklanan adalah segala bentuk penyajian non personal, promosi dan ide, barang ataupun jasa oleh sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
·      Iklan merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen dalam rangka meyakinkan mereka atas manfaat produk yang dijual. Dengan demikian, iklan merupakan salah satu sarana untuk mempengaruhi konsumen secara masal yang cukup efektif. Namun demikian, iklan merupakan sumber pemborosan dana jika kegiatan periklanan tidak dikelola dengan baik.
·      Hasil dari kegiatan periklanan kurang dapat diukur dalam waktu yang sangat pendek. Karena pengiklanan merupakan kegiatan mempengaruhi dan menbujuk konsumen dalam mengkonsumsi produk yang dijual, maka memerlukan waktu yang cukup panjang untuk dapat meyakinkan dan menggiring konsumen agar mau mengkonsumsi produk yang dijual secara permanen.
·      Dengan demikian, dalam jangka pendek ada kecenderungan periklanan merupakan salah satu sumber pemborosan dana, terutama untuk mempromosikan produk baru. Oleh karena itu, jika diputuskan untuk mempergunakan periklanan sebagai salah satu sarana promosi, maka kegiatan periklanan harus disusun secara matang secara terintegrasi dengan rencana kerja jangka panjang peprusahaan secara keseluruhan (Siswanto Sutojo, 1986).
·      Periklanan merupakan satu dari empat alat penting yang digunakan oleh perusahaan untuk memperlancar komunikasi persuasif terhadap pembelian dan masyarakat yang ditargetkan. AMA (American Marketing Association) mendefinisikan iklan adalah sebagai semua bentuk bayaran untuk mengimplementasikan dan mempromosikan ide, barang atau jasa secara non personal oleh sponsor yang jelas. Sedangkan menurut Fandy Tjiptono (1997)  periklanan adalah seluruh proses yang meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan iklan.

sekian materi tentang Pengertian Periklanan dan pentingnya periklanan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua

sumber: lihat disini

No comments:

Post a Comment

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN