Wednesday, June 11, 2014

Parameter Oceanografi Perikanan

Parameter Oceanografi Perikanan


source gambar: www.ocean.psu.edu



Pengertian Oceanografi
       Pengetian Oseanografi berasal dari kata oceanography yang tersusun dari kata oceanos (berarti laut) dan graphos (berarti gambaran). Kedua kata penyusun dalam bahasa Yunani tersebut memiliki arti harfiah yaitu gambaran tentang laut.
       Secara lebih detail, Oseanografi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari proses-proses fisis, dinamis dan kimiawi yang terjadi di laut.
Pengertian Oceanografi perikanan:
    Ilmu yang mempelajari proses-proses fisika, kimia dan dinamikanya yang terjadi di laut yang memiliki keterkaitan dengan fungsi dan peran parameter oseanografi dalam pemanfaatan sumberdaya perikanan laut.
Parameter Oceanografi:
Parameter fisika terdiri dari faktor faktor :
       Suhu,
       kecepatan arus,
       kecerahan dan sifat optis,
       Pasang surut
       Gelombang
Parameter Kimia terdiri dari faktor faktor :
       pH,
       Salinitas
       Disolved Oxigen

a.    Suhu
Suhu merupakan salah satu faktor pembatas terhadap ikan-ikan atau biota akuatik. Suhu dapat mengendalikan fungsi fisiologis organisme dan berperan secara langsung atau tidak langsung bersama dengan komponen kualitas air lainnya mempengaruhi kualitas akuatik. Peningkatan suhu mengakibatkan peningkatan viskositas, reaksi kimia, evaporasi dan valurisasi.
Peningkatan suhu juga menyebabkan penurunan gas di dalam air, misalnya gas O2, CO2, N2, CH4 dan sebagainya.
Menurut Nontji (1987), suhu air permukaan di perairan nusantara kita umumnya berkisar antara 28 - 31o C.  Suhu air didekat pantai biasanya sedikit lebih tinggi daripada yang di lepas pantai. Berdasarkan hasil pengukuran dilapang, diketahui bahwa suhu permukaan air laut di Indonesia pada pukul 11.30 WIB sebesar 32oC dan pada pukul 12.30 WIB sebesar 28oC
Alat-alat yang digunakan untuk mengukur suhu perairan adalah sebagai berikut :
       Thermometer :  Sebagai alat yang digunakan untuk mengukur suhu perairan dalam skala     ° C (derajat celcius), dilengkapi dengan  Stopwatch sebagai alat yang digunakan untuk mengukur waktu selama 2-3 menit ketika thermometer dimasukkan ke dalam perairan.
       Conductivity Temperatur Depth (CTD), untuk mengukur temperatur, salinitas dilapisan kedalaman perairan laut.
Kecepatan Arus


jika ingin melihat secara lengkap, silahkan download materinya disini:  Download

No comments:

Post a Comment

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN