Tuesday, June 10, 2014

Cara Pemilihan media iklan yang baik

Pemilihan media iklan yang baik





·      Iklan merupakan bagian dari komunikasi yang terdiri dari berbagai kegiatan untuk memberikan informasi dari komunikasi kepada pasar sasaran akan adanya suatu produk baik berupa barang, jasa dan ide. Berhasil tidaknya Iklan yang dilakukan tergantung dari media mana yang digunakan untuk mencapai sasaran, oleh karenanya masalah pemilihan media iklan tidak hanya didasarkan pada perkiraan saja, melainkan harus diperhatikan sifat-sifat iklan dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kegiatan iklan yang dilakukan.
·      Terdapat berbagai macam media iklan antara lain pembuatan brosur, melalui saluran elektonika (radio, televise, internet dsb), papan, reklame dan sebagainya. Tiap-tiap jenis media iklan memiliki ciri-ciri khusus, masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan promosi penjualan. Pemilihan media iklan sebagai sarana promosi didasarkan pada pertimbangan ketersediaan dana serta produk itu sendiri.
·      Menurut Fandi Tjiptono (1997) faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih media iklan adalah :
  • Dana yang digunakan untuk iklan
Jumlah dana tersedia merupakan faktoir penting yang mempengaruhi bauran iklan, perusahaan yang memiliki dana yang lebih besar kegiatan iklannya akan lebih efektif dibanding dengan perusahaan yang memiliki dana yang terbatas.
  • Sifat Pasar
Beberapa sifat pasar yang mempengaruhi sifat bauran ini meliputi : luas pasar secara geografis, konsentrasi pasar, macam pembeli.
  • Jenis Produk
Strategi iklan yang dilakukan oleh perusahaan dipengaruhi juga oleh jenis produksinya, apakah barang konsumsi atau barang industri.
  • Tahap-Tahap Dalam Siklus Kehidupan Barang
Strategi yang diambil untuk mengiklankan barang dipengaruhi oleh tahap-tahap siklus kehidupan barang yaitu tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan tahap kejenuhan.
·      Pemilihan media iklan sebagai sarana promosi yang paling sesuai dengan produk yang dijual merupakan tugas dari bagian pemasaran. Bagian pemasaran harus memiliki kepekaan dan mendalami sifat dan perilaku konsumen.

sekian artikel tentang Cara Pemilihan media iklan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua

sumber: lihat sumber

No comments:

Post a Comment

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN