Pemilihan
media iklan yang baik
· Iklan merupakan bagian dari
komunikasi yang terdiri dari berbagai kegiatan untuk memberikan informasi
dari komunikasi kepada pasar sasaran akan adanya suatu produk baik berupa barang,
jasa dan ide. Berhasil tidaknya Iklan yang dilakukan tergantung dari media
mana yang digunakan untuk mencapai sasaran, oleh karenanya masalah pemilihan
media iklan tidak hanya didasarkan pada perkiraan saja, melainkan harus
diperhatikan sifat-sifat iklan dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi
kegiatan iklan yang dilakukan.
· Terdapat berbagai macam media
iklan antara lain pembuatan brosur, melalui saluran elektonika (radio,
televise, internet dsb), papan, reklame dan sebagainya. Tiap-tiap jenis media
iklan memiliki ciri-ciri khusus, masing-masing memiliki kelebihan dan
kelemahan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan promosi penjualan.
Pemilihan media iklan sebagai sarana promosi didasarkan pada pertimbangan
ketersediaan dana serta produk itu sendiri.
· Menurut Fandi Tjiptono (1997)
faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih media iklan adalah :
Jumlah dana tersedia merupakan faktoir penting yang
mempengaruhi bauran iklan, perusahaan yang memiliki dana yang lebih besar
kegiatan iklannya akan lebih efektif dibanding dengan perusahaan yang
memiliki dana yang terbatas.
Beberapa sifat pasar yang mempengaruhi sifat bauran ini
meliputi : luas pasar secara geografis, konsentrasi pasar, macam pembeli.
Strategi iklan yang dilakukan oleh perusahaan dipengaruhi
juga oleh jenis produksinya, apakah barang konsumsi atau barang industri.
Strategi yang diambil untuk mengiklankan barang
dipengaruhi oleh tahap-tahap siklus kehidupan barang yaitu tahap perkenalan,
pertumbuhan, kedewasaan dan tahap kejenuhan.
· Pemilihan
media iklan sebagai sarana promosi yang paling sesuai dengan produk yang
dijual merupakan tugas dari bagian pemasaran. Bagian pemasaran harus memiliki
kepekaan dan mendalami sifat dan perilaku konsumen.
sekian artikel tentang Cara Pemilihan media iklan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua
sumber: lihat sumber
|
No comments:
Post a Comment
BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN