Assalamu'alaikum Wr.Wb
Selamat pagi teman-temanku semua, kali ini kami dari team sahabat blog ingin berbagi contoh laporan praktikum pemasaran Hasil Perikanan, laporan ini kami buat berdasarkan praktikum yang kami lakukan melalui penjualan produk-produk perikanan. wahh, kami cape banget waktu itu, harus menelusuri tiap-tiap rumah agar dagangan kami terjual semua, dan tidak lupa kami juga mencari daerah yang berpotensi unutk menghasilkan keuntungan yang besar.
okeh, langsung saja ini laporannya:
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
PRAKTIKUM PEMASARAN HASIL PERIKANAN
Disusun
oleh :
KELOMPOK
85
Telah
disetujui dan dinyatakan telah memenuhi syarat kelulusan
Praktikum
Pemasaran Hasil Perikanan
Pada
tanggal 28 Mei 2014
Menyetujui,
Koordinator
Asisten Asisten Kelompok
Mohammadxxxxx xxxxxxx
NIM.
115xxxxxxxxxxxxxxxx NIM.12xxxxxxx
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan
Semesta Alam karena atas izin dan kehendak-Nya laporan ini dapat kami
rampungkan tepat pada waktunya. Penulisan dan pembuatan
laporan ini bertujuan untuk memenuhi tugas Praktikum mata kuliah Pemasaran
Hasil Perikanan.
Dalam
penulisan laporan ini kami menemui berbagai hambatan yang dikarenakan
terbatasnya Ilmu Pengetahuan kami mengenai hal yang berkenan dengan penulisan
laporan ini.
Kami
menyadari akan kemampuan kami yang masih amatir. Dalam laporan ini kami sudah
berusaha semaksimal mungkin.Tapi kami yakin laporan ini masih banyak kekurangan
disana-sini. Oleh karena itu kami mengharapkan saran dan juga kritik membangun
agar lebih maju di masa yang akan datang.
Harap
kami, laporan ini dapat menjadi track record dan menjadi referensi bagi kami
dalam mengarungi masa depan. Kami juga berharap agar laporan ini dapat berguna
bagi orang lain yang membacanya.
Malang,
28 Mei 2014
Penyusun
DAFTAR
ISI
Lembar Pengesahan........................................................................................... (1)
Kata Pengantar………………………………………………………………………
(2)
Daftar
Isi............................................................................................................... (3)
Daftar Tabel......................................................................................................... (5)
1. PENDAHULUAN................................................................................................ 6
1.1 Latar
Belakang............................................................................................... 6
1.2 Perumusan
Masalah...................................................................................... 7
1.3 Tujuan............................................................................................................. 7
1.3 Kegunaan
Praktikum...................................................................................... 7
2. TINJAUAN PUSTAKA....................................................................................... 9
2.1 Pengertian
Pasar............................................................................................ 9
2.2 Permintaan
dan Penawaran........................................................................... 9
2.3 Perilaku
Konsumen...................................................................................... 10
2.4 Saluran
Pemasaran...................................................................................... 10
2.5
Bauran/Strategi Pemasaran......................................................................... 11
2.6 Efisiensi
Pemasaran..................................................................................... 16
2.7 Analisa
Pelanggan........................................................................................ 17
2.8 Segmentasi Pasar........................................................................................ 19
3. METODE PENELITIAN.................................................................................. 20
3.1 Lokasi dan
Objek Praktikum........................................................................ 20
3.2 Teknik Pengumpulan Data........................................................................... 20
3.2.1 Observasi.............................................................................................. 20
3.2.2 Wawancara............................................................................................ 21
3.2.3 Dokumentasi.......................................................................................... 21
3.2.4 Jenis dan
Sumber Data......................................................................... 22
3.3 Teknik Analisis Data..................................................................................... 22
3.3.1 Analisis
Deskriptif Kualitatif................................................................... 22
3.3.2 Analisis
Deskriptif Kuantitatif................................................................. 23
4.
HASIL DAN PEMBAHASAN........................................................................... 25
4.1 Analisa Deskriptif
Kualitatif......................................................................... 25
4.1.1 Deskriptif Kegiatan ................................................................................ 25
4.1.2
Karakteristik Konsumen
....................................................................... 25
4.1.3 Perilaku
Konsumen............................................................................... 27
4.2 Analisa Deskriptif
Kuantitatif....................................................................... 28
4.2.1 Biaya
Pemasaran.................................................................................. 28
4.2.2 Margin
Pemasaran................................................................................ 29
4.2.3 Keuntungan........................................................................................... 30
4.2.4 Efisiensi
Pemasaran.............................................................................. 34
5.
KESIMPULAN.................................................................................................. 38
5.1 Kesimpulan.................................................................................................. 38
5.2 Saran........................................................................................................... 39
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................ 40
Lampiran .. ............................................................................................................42
DAFTAR
TABEL
Tabel 1.Biaya Pemasaran................................................................................... 29
Tabel 2.Margin Pemasaran................................................................................. 30
Tabel 3.Keuntungan............................................................................................. 33
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Menurut
William J. Stanton (1993), pasar dapat didefinisikan sebagai berikut :“ Pasar adalah orang-orang yang mempunyai
keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk
membelanjakannya”. Dari definisi diatas terdapat 3 unsur penting didalam
pasar yaitu : Orang dengan segala keinginannya,Daya beli mereka dan Kemauan
untuk membelanjakannya.
Menurut
Izza (2010), bahwa Pasar selama ini sudah menyatu dan memiliki tempat paling
penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari,
bagi masyarakat pasar bukan hanya tempat
bertemunya antara penjual dan pembeli tetapi juga sebagai wadah untuk
berinteraksi sosial. Para ahli ekonomi mendiskripsikan sebuh pasar sebagai
kumpulan penjual dan pembeli yang melakukan transaksi atas suatu produk
tertentu atau kelompok produk tertentu
Andy
Tjiptono (1999), mengartikan produk sebagai: “segala sesuatu yang ditawarkan
produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan/dikonsumsi pasar sebagai pemenuh
kebutuhan/keinginan pasar yang
bersangkutan”.
Menurut
Kotler dan Armstrong (2008) dalam Lewenussa
(2011), riset pemasaran (marketing research) adalah desain, kumpulan, analisis,
dan laporan sistematis tentang data yang berhubungan dengan situasi pemasaran
tertentu yang dihadapi oleh sebuah organisasi. Riset pemasaran dapat membantu
pemasar menilai potensi pasar dan pangsa pasar atau untuk mengukur efektifitas
penetapan harga, produk, distribusi, dan kegiatan promosi.
1.2 Perumusan Masalah
Dalam penulisan ini masalah yang diangkat adalah masalah yang timbul dalam
masyarakat mengenai permintaannya terhadap bentuk dan kualitas suatu produk
adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana tuntutan
kualitas dan kebutuhan gizi oleh para konsumen pada suatu produk ikan setelah
mengalami fase pengolahan?
2. Bagaimana cara membuat daya tarik produk ikan menjadi
lebih menarik perhatian konsumen dengan seminimal mungkin biaya yang
dikeluarkan?
3. Bagaimana cara memenuhi kepuasan konsumen terhadap
produk perikanan yang telah mengalami
fase pengolahan?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari praktikum mata kuliah Pemasaran Hasil Perikanan ini
adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui tuntutan kualitas kebutuhan gizi oleh
para konsumen pada suatu produk hasil pengolahan ikan.
2. Untuk mengetahui bagaimana memicu daya tarik konsumen
terhadap produk hasil pengolahan ikan dengan seminimal mungkin pengeluaran
biaya.
3. Untuk mengetahui cara pemuasan selera konsumen terhadap
produk hasil pengolahan ikan.
1.4 Kegunaan Praktikum
Agar
Praktikan mengerti bagaimana membuat suatu strategi pemasaran produk yang
efisien dalam praktikum, praktikan mampu mengetahui jenis structure, conduct,
performance dari tingkat kepuasan pembeli dalam membeli produk.
Praktikan
mampu mengenali tingkat keinginan masyarakat secara umum, dengan parameter
pengumpulan sampel melalui metode acak. Dan
menambah pengalaman praktikan untuk terjun langsung ke lapang dan mengetahui
harapan konsumen terhadap produk perikanan.
2. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat dimana pembeli dan penjual bertemu
dan berfungsi, barang atau jasa tersedia untuk dijual, dan terjadi perpindahan
hak milik. Pasar adalah jumlah seluruh permintaan barang atau jasa
oleh pembeli-pembeli (sering dikaitkan dengan istilah demand permintaan)
Menurut William J.
Stanton (1993) dalam Danfar
(2009), pasar dapat didefinisikan
sebagai berikut : “ Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan
untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk
membelanjakannya”. Dari definisi diatas terdapat 3 unsur penting didalam
pasar yaitu:
Silahkan jika kalian minat ingin lihat secara penuh, silahkan download dengan link.nya di bawah:
Download via mwb
cara download: klik link yang warna hijau, tunggu 5 detik klik skip ad
sekian artikel dari kami tentang Laporan Praktikum Pemasaran Hasil Perikanan (PHP), semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, terima kasih
No comments:
Post a Comment
BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN