Monday, June 9, 2014

Laporan Praktikum Pemasaran Hasil Perikanan (PHP)

Laporan Praktikum Pemasaran Hasil Perikanan (PHP)

Assalamu'alaikum Wr.Wb



Selamat pagi teman-temanku semua, kali ini kami dari team sahabat blog ingin berbagi contoh laporan praktikum pemasaran Hasil Perikanan, laporan ini kami buat berdasarkan praktikum yang kami lakukan melalui penjualan produk-produk perikanan. wahh, kami cape banget waktu itu, harus menelusuri tiap-tiap rumah agar dagangan kami terjual semua, dan tidak lupa kami juga mencari daerah yang berpotensi unutk menghasilkan keuntungan yang besar.
 okeh, langsung saja ini laporannya:

LEMBAR PENGESAHAN


LAPORAN PRAKTIKUM PEMASARAN HASIL PERIKANAN


Disusun oleh :
KELOMPOK 85


Telah disetujui dan dinyatakan telah memenuhi syarat kelulusan
Praktikum Pemasaran Hasil Perikanan
Pada tanggal 28 Mei 2014






Menyetujui,
Koordinator Asisten                                                     Asisten Kelompok




Mohammadxxxxx                                                             xxxxxxx
NIM. 115xxxxxxxxxxxxxxxx                                             NIM.12xxxxxxx





KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Semesta Alam karena atas izin dan kehendak-Nya laporan ini dapat kami rampungkan tepat pada waktunya. Penulisan dan pembuatan laporan ini bertujuan untuk memenuhi tugas Praktikum mata kuliah Pemasaran Hasil Perikanan.
Dalam penulisan laporan ini kami menemui berbagai hambatan yang dikarenakan terbatasnya Ilmu Pengetahuan kami mengenai hal yang berkenan dengan penulisan laporan ini.
Kami menyadari akan kemampuan kami yang masih amatir. Dalam laporan ini kami sudah berusaha semaksimal mungkin.Tapi kami yakin laporan ini masih banyak kekurangan disana-sini. Oleh karena itu kami mengharapkan saran dan juga kritik membangun agar lebih maju di masa yang akan datang.
Harap kami, laporan ini dapat menjadi track record dan menjadi referensi bagi kami dalam mengarungi masa depan. Kami juga berharap agar laporan ini dapat berguna bagi orang lain yang membacanya.

Malang, 28 Mei 2014

Penyusun
                                                                                                                




                                                 




DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan........................................................................................... (1)
Kata Pengantar……………………………………………………………………… (2)
Daftar Isi............................................................................................................... (3)
Daftar Tabel......................................................................................................... (5)
1. PENDAHULUAN................................................................................................ 6
1.1 Latar Belakang............................................................................................... 6
1.2 Perumusan Masalah...................................................................................... 7
1.3 Tujuan............................................................................................................. 7
1.3 Kegunaan Praktikum...................................................................................... 7
2. TINJAUAN PUSTAKA....................................................................................... 9
2.1 Pengertian Pasar............................................................................................ 9
2.2 Permintaan dan Penawaran........................................................................... 9
2.3 Perilaku Konsumen...................................................................................... 10
2.4 Saluran Pemasaran...................................................................................... 10
2.5 Bauran/Strategi Pemasaran......................................................................... 11
2.6 Efisiensi Pemasaran..................................................................................... 16
2.7 Analisa Pelanggan........................................................................................ 17
2.8 Segmentasi Pasar........................................................................................ 19
3.  METODE PENELITIAN.................................................................................. 20
3.1 Lokasi dan Objek Praktikum........................................................................ 20
3.2 Teknik Pengumpulan Data........................................................................... 20
3.2.1 Observasi.............................................................................................. 20
3.2.2 Wawancara............................................................................................ 21
3.2.3 Dokumentasi.......................................................................................... 21
3.2.4 Jenis dan Sumber Data......................................................................... 22
3.3 Teknik Analisis Data..................................................................................... 22
3.3.1 Analisis Deskriptif Kualitatif................................................................... 22
3.3.2 Analisis Deskriptif Kuantitatif................................................................. 23
4. HASIL DAN PEMBAHASAN........................................................................... 25
4.1 Analisa Deskriptif Kualitatif......................................................................... 25
4.1.1 Deskriptif Kegiatan ................................................................................ 25
4.1.2 Karakteristik Konsumen ....................................................................... 25
4.1.3 Perilaku Konsumen............................................................................... 27
4.2 Analisa Deskriptif Kuantitatif....................................................................... 28
4.2.1 Biaya Pemasaran.................................................................................. 28
4.2.2 Margin Pemasaran................................................................................ 29
4.2.3 Keuntungan........................................................................................... 30
4.2.4 Efisiensi Pemasaran.............................................................................. 34
5. KESIMPULAN.................................................................................................. 38
5.1 Kesimpulan.................................................................................................. 38
5.2 Saran........................................................................................................... 39
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ 40
Lampiran .. ............................................................................................................42








DAFTAR TABEL

Tabel 1.Biaya Pemasaran................................................................................... 29
Tabel 2.Margin Pemasaran................................................................................. 30
Tabel 3.Keuntungan............................................................................................. 33



PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Menurut William J. Stanton (1993), pasar dapat didefinisikan sebagai berikut :“ Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya”. Dari definisi diatas terdapat 3 unsur penting didalam pasar yaitu : Orang dengan segala keinginannya,Daya beli mereka dan Kemauan untuk membelanjakannya.
Menurut Izza (2010), bahwa Pasar selama ini sudah menyatu dan memiliki tempat paling penting  dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, bagi masyarakat pasar bukan hanya  tempat bertemunya antara penjual dan pembeli tetapi juga sebagai wadah untuk berinteraksi sosial. Para ahli ekonomi mendiskripsikan sebuh pasar sebagai kumpulan penjual dan pembeli yang melakukan transaksi atas suatu produk tertentu atau kelompok produk tertentu
Andy Tjiptono (1999), mengartikan produk sebagai: “segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli,  digunakan/dikonsumsi pasar sebagai pemenuh kebutuhan/keinginan pasar  yang bersangkutan”.
Menurut Kotler dan Armstrong (2008) dalam Lewenussa (2011), riset pemasaran (marketing research) adalah desain, kumpulan, analisis, dan laporan sistematis tentang data yang berhubungan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi oleh sebuah organisasi. Riset pemasaran dapat membantu pemasar menilai potensi pasar dan pangsa pasar atau untuk mengukur efektifitas penetapan harga, produk, distribusi, dan kegiatan promosi.

1.2    Perumusan Masalah
Dalam penulisan ini masalah yang diangkat adalah masalah yang timbul dalam masyarakat mengenai permintaannya terhadap bentuk dan kualitas suatu produk adalah sebagai berikut:
1.     Bagaimana tuntutan kualitas dan kebutuhan gizi oleh para konsumen pada suatu produk ikan setelah mengalami fase pengolahan?
2.    Bagaimana cara membuat daya tarik produk ikan menjadi lebih menarik perhatian konsumen dengan seminimal mungkin biaya yang dikeluarkan?
3.    Bagaimana cara memenuhi kepuasan konsumen terhadap produk  perikanan yang telah mengalami fase pengolahan?
1.3     Tujuan
Adapun tujuan dari praktikum mata kuliah Pemasaran Hasil Perikanan ini adalah sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui tuntutan kualitas kebutuhan gizi oleh para konsumen pada suatu produk hasil pengolahan ikan.
2.    Untuk mengetahui bagaimana memicu daya tarik konsumen terhadap produk hasil pengolahan ikan dengan seminimal mungkin pengeluaran biaya.
3.    Untuk mengetahui cara pemuasan selera konsumen terhadap produk hasil pengolahan ikan.
1.4    Kegunaan Praktikum
Agar Praktikan mengerti bagaimana membuat suatu strategi pemasaran produk yang efisien dalam praktikum, praktikan mampu mengetahui jenis structure, conduct, performance dari tingkat kepuasan pembeli dalam membeli produk.
Praktikan mampu mengenali tingkat keinginan masyarakat secara umum, dengan parameter pengumpulan sampel melalui metode acak. Dan menambah pengalaman praktikan untuk terjun langsung ke lapang dan mengetahui harapan konsumen terhadap produk perikanan.





2.    TINJAUAN PUSTAKA

2.1       Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat dimana pembeli dan penjual bertemu dan berfungsi, barang atau jasa tersedia untuk dijual, dan terjadi perpindahan hak milik.   Pasar adalah jumlah seluruh permintaan barang atau jasa oleh pembeli-pembeli (sering dikaitkan dengan istilah demand permintaan)

Menurut William J. Stanton (1993) dalam Danfar (2009), pasar dapat didefinisikan sebagai berikut : “ Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya”. Dari definisi diatas terdapat 3 unsur penting didalam pasar yaitu:



Silahkan jika kalian minat ingin lihat secara penuh, silahkan download dengan link.nya di bawah: 
Download via mwb 
cara download: klik link yang warna hijau, tunggu 5 detik klik skip ad

sekian artikel dari kami tentang Laporan Praktikum Pemasaran Hasil Perikanan (PHP), semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, terima kasih

No comments:

Post a Comment

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN