Thursday, November 14, 2013

Pengertian stress ikan dan hubungan dengan penangkapan

Pengertian stress ikan dan hubungan dengan penangkapan


1.1         Stress Ikan

1.1.1     Pengertian Stress pada Ikan
Stress adalah kondisi fisiologis intetnal yang disebabkan oleh kondisi eksternal. Stress juga dapat digambarkan sebagai respon hormonal internal dari sebuah organisme hidup yang menyebabkan kondisi fisiologis organisme dalam kondisi tidak normal (Zaifibio, 2012).
Perubahan suhu lingkungan (guncangan suhu dingin) akan menyebabkan stress yang menginduksi pada tingginya tingkat glukosa darah, selanjutnya mengganggu pertumbuhan bahkan kematian (Hastuti et al, 2003).



1.1.2      Penyebab Stress pada Ikan
Perubahan suhu lingkungan (guncangan suhu dingin) akan menyebabkan stress yang menginduksi pada tingkatan glukosa darah, selanjutnya mengganggu pertumbuhan selanjutnya kematian (Hastuti et al., 2003).
Pemuasaan pada ikan merupakan salah satu faktor lingkungan yang memicu perubahan fisiologi pada ikan. Dalam kondisi puasa ikan pada umumnya akan mengalami stress, sehingga berpengaruh terhadap aktifitas fisiologi hewan atau ikan (Rachmawati et al., 2010).
1.1.3      Efek Stress Ikan
Perubahan suhu lingkungan (guncangan suhu dingin) akan menyebabkan stress yang menginduksi pada tingkatan glukosa darah, selanjutnya mengganggu pertumbuhan selanjutnya kematian (Hastuti et al.,2003).
Respon sekunder adalah efek dari hormone-hormon pada tingkat sel termasuk mobilisasi dan relaksasi dan realokasi energi, gangguan osmotik dan peningkatan denyut jantung, pengambilan oksigen dan transfer(Zaifibio, 2012).
1.2         Hubungan Stress Ikan dengan Penangkapan
Kecepatan arus yang terlalu tinggi dapat memicu ikan berenang lebih cepat, hal ini tidak menguntungkan dalam proses metabolism dan pertumbuhan ikan berenang lebih cepat (Nofrizal et al., 2009).

Selain itu, dengan mengetahui kecepatan renang ikan dapat mengetahui peluang lolosnya ikan baung dalam proses penangkapan dengan alat tangkap. Sedangkan kecepatan prolonged dapat mengakibatkan stress yang tinggi pada ikan (Nofrizal et al., 2009).

Pengertian stress ikan dan hubungan dengan penangkapan materi tingkah laku ikan,dan praktikum tingkah laku ikan.

untuk materi atau praktikum tingkah laku ikan yang lain dapat dilihat disini: 

No comments:

Post a Comment

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN