Saturday, November 29, 2014

Implementasi Perangkat Lunak Miradi

Implementasi Perangkat Lunak Miradi



Sumber 1 disini gan HARRY GANK-BELL


Kami percaya bahwa pengembangan dan implementasi perangkat lunak Miradi memiliki potensi untuk mengubah latihan konservasi. Secara khusus, ini akan membantu:
• Praktisi di lapangan untuk merencanakan dan melaksanakan proyek-proyek yang lebih efisien dan efektif,
• Para manajer mendapatkan informasi standar untuk meningkatkan koordinasi program,
• Donatur untuk memperoleh manfaat dari informasi yang lebih baik dan formulir aplikasi umum dan laporan yang meminimalkan biaya transaksi,
• Seluruh komunitas konservasi belajar dari dan meningkatkan dukungan publik untuk pekerjaan.

Piranti lunak Miradi tak hanya membuat Penjajakan Peringkat Ancaman dapat dibuat dengan mudah, tetapi juga sangat visual sehingga beberapa peserta bersemangatuntuk menggunakannya pada proyek-proyek mereka sendiri. Perangkat lunak Miradi juga memudahkan untuk mengisolasi rantai-rantai faktor yang bersangkutan dan untuk mengeditnya kembali dengan penambahan wawasan yang diperoleh dari percakapan terarah (wawancara mendalam) yang kami laksanakan untuk mengkaji dan memberi masukan langkah-langkah awal proses perencanaan (Yudi, 2010).

Miradi 2.0 membantu tim konservasi desain model konseptual lokasi proyek mereka, memprioritaskan ancaman, dan memilih indikator pengawasan untuk menilai efektivitas strategi mereka. Praktisi dapat mengekspor data proyek Miradi laporan memberikan dan format yang bisa dibagi dengan pengguna lain Miradi. Miradi adalah kata Swahili yang berarti "proyek" atau "tujuan." (http://benetech.org/)

Miradi kemudian menerapkan algoritma untuk menghitung peringkat ancaman keseluruhan, berdasarkan nilai (rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi) untuk masing-masing dari ketiga kriteria. Sebagai catatan, Miradi memberikan pertimbangan tinggi untuk kriteria ketakberbalikkan:  Jika ketakberbalikkannya rendah, maka lingkup dan tingkat kerusakan tidak kuat mempengaruhi keseluruhan peringkat ancaman, kecuali jika baik lingkup maupun tingkat kerusakannya sama-sama “sangat tinggi.” (rareplanet.org).
Program piranti lunak yang ditujukan untuk mendesain proyek konservasi, untuk mengembangkan sebuah Model Konsep berdasarkan hasil-hasil riset dan wawancara yang dideskripsikan di atas.  Model konsep ini menyediakan kerangka dan sarana-sarana untuk mengevaluasi:

1. Jenis-jenis ikan komersial yang menjadi prioritas utama kami yaitu jenis ikan karang pada umumnya;
2. Macam-macam kegiatan perikanan yang menyebabkan penangkapan ikan, khususnya jenis-jenis tersebut, secara berlebihan;
3. Kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan perikanan tersebut dan bertanggung jawab terhadap penangkapan ikan berlebih;
4. Faktor-faktor yang berakibat pada penangkapan ikan berlebih dan menghalangi terbentuknya kawasan larang-tangkap.
http://www.rareplanet.org
.....

Mengidentifikasi hasil konservasi dan target konservasi di kawasan Anda yang akan menjadi fokus kampanye Anda.  Perhatikan bahwa target konservasi harus lebih spesifik dari sekadar menyebut kawasan tempat Anda bekerja. Akan sangat membantu untuk mempertimbangkan definisi berikut saat mengidentifikasi target: “Kelompok spesies, masyarakat, dan sistem ekologi tertentu yang terpilih untuk mewakili dan mencakup seluruh keanekaragaman hayati yang ditemukan di wilayah proyek. Semua itu merupakan dasar dalam menentukan tujuan, menerapkan kegiatan konservasi, dan mengukur keefektifan konservasi. Dalam teori – mudahan-mudahan dalam penerapannya juga -- konservasi bagi target utama akan memastikan terjadinya konservasi bagi seluruh keanekaragaman hayati asli di lokasi yang dimaksud” (Sumber: Miradi). Contoh target keanekaragaman hayati adalah, terumbu karang, bakau, monyet emas Brazil (golden lion tamarin atau golden marmoset) dsb (...)


mohon yang copi paste sertakan link blog ini (harry _ genk bell)

tags: Implementasi Perangkat Lunak Miradi, Implementasi software Miradi, Implementasi  Miradi Software, fungsi software miradi, Pengertian Miradi, pengertian software miradi.

No comments:

Post a Comment

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN