Tuesday, June 10, 2014

Makalah Hukum Merayakan Valentine menurut Islam

Makalah Hukum Merayakan Valentine menurut Islam

Asslamu'alaikum Wr.Wb


sumber gambar: disini


BAB I
PENDAHULUAN
Kerukunan hidup antar umat beragama
            Islam berarti damai, selamat, sejahtera, penyerahan diri, taat, dan patuh. Pengertian tersebut mengandung arti bahwa agama islam adalah agama yang mengandung ajaran untuk menciptakan kedamaian, keselamatan, dan  kesejahteraan kehidupan umat manusia pada khususnya, dan semua makhluk Allah pada umumnya. Ajaran islam memilki karakteristik sebagai berikut:
1.      Inti ajarannya adalah “Tauhidullah”
2.      Sesuai dengan fitrah hidup manusia
3.      Ajarannya sempurna
4.      Kebenarannya mutlak
5.      Mengajarkan keseimbangan dalam berbagai aspek
6.      Berlaku secara universal
7.      Sesuai dengan akal pikiran dan memotivasi manusia untuk menggunakan akal pikirannya  
8.      Fleksibel dan ringan
9.      Menciptakan rahmat
            Ketika Rasulullah menyampaikan ajaran islam kepada masyarakat arab dan mengajak untuk menerima dan mentaati ajaran tersebut, tanggapan mereka kepada Rasulullah adalah heran, aneh, dan ganjil. Karena dianggap menyimpang dari tradisi leluhur yang telah mendarah daging bagi masyarakat arab, yang telah ditaati secara turun temurun
Islam sebagai rahmat Allah tidak bergantung pada penerimaan dan penilaian manusia, tetapi pada substansi ajaran tersebut. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Anbiya’107
Wama arsyalnaaka illaa rahmatan lil’aalaamiin
Artinya : dan tidakkah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.
Bentuk-bentuk kerahmatan Allah pada ajaran islam :
·         Islam menunjuki manusia jalan hidup yang benar
·         Islam memberikan kebebasan kepada manusia untuk menggunakan potensi yang diberikan Allah
·         Islam menghargai dan menghormati semua manusia sebagai hamba Allah, baik mereka muslim maupun non muslim
·         Islam mengatur pemanfaatan alam secara baik dan p[roporsional
·         Islam menghormati spesifik individi manusia yang memberikan perlakuan yang spesifik pula
            Ukhuwah islamiyah yang berarti persaudaraan berlaku sesama umat islam dan berlaku pula pada semua umat manusia secara universal tanpa membedakan agama, suku, dan aspek-aspek kekhususan lainnya yang disebut sebagai ukhuwah insaniyah
Perbedaan agama yang terjadi di antara umat manusia merupakan konsekuensi dari kebebasan yang diberikan Allah. Ini bukan berarti menjadi penghalang bagi manusia untuk saling berinteraksi sosia dan saling membantu. Dari segi aqidah, setiap orang yang tidak mau menerima islam sebagai agamanya disebut orang kafir atau non muslim. Tetapi bukan semua orang kafir harus kita jauhi. Orang kafir yang mengganggu, yang menyakiti, dan yang memusuhi orang islam ini disebut kafir harbi disini orang islam juga boleh memerangi orang kafir. Orang kafir yang hidup rukun dengan orang islam disebut kafir dzimmi, disini orang islam mempunyai tanggungan untuk menjaga keselamatan atau keamanannya.
            Pada era globalisasi sekarang ini, umat beragama dihadapkan kepada serangkaian tantangan baru yaitu pluralitas agama.pluralitas merupakan hukum alam yang tidak mungkin terelakkan. Dengan kata lain, pemahaman pluralitas agama menuntut sikap pemeluk agama untuk tidak hanya mengakui keberadaan dan hak agama lain, tetapi juga terlibat dalam usaha memahami perbedaan dan persamaan guna tercapai kerukunan dan kebersamaan. Kerukunan dan kbersamaan yang didambakan dalam islam bukanlah yang bersifat semu, tetapinyang memberi rasa aman pada jiwa setiap manusia. Langkah-langkah mewujudkannya yaitu :
Diri sendiri àmasyarakat àseluruh bangsa
Itulah ajaran pluralitas dalam islam. Sehingga dapat tercipta kerukunan, kebersamaan, dan perdamaian. Kalau kenyataan berbeda dengan konsep ideal bukan berarti konsep ajarannya yang salah tetapi pelakunya lah yang dipersalahkan.


 Untuk Versi lengkap silahkan download disini: Download
untuk cara download: klik link download warna hijau, tunggu 5 detik, klik skip ad di pojok kanan atas, maka otomatis akan download.

sekian artikel tentang Makalah Hukum Merayakan Valentine menurut Islam, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, terima kasih.

No comments:

Post a Comment

BERKOMENTARLAH YANG BAIK DAN SOPAN